Kompetensi Baru Public Relations (PR) Pada Era Artificial Intelligence

Case Study Praktisi PR di Indonesia

  • N. Nurlaela Arief Bio Farma
  • M.Arkan Ariel Saputra Telkom University
Keywords: Public Relations, Artificial Intelligence, Indonesia, preddiksi, Kompetensi

Abstract

Teknologi artificial intelligence akan merevolusi semua industri, tidak hanya akan terjadi pada perusahaan besar. Tidak ada yang kebal dari disrupsi teknologi AI. Dari keuangan sampai pertanian, kesehatan dan pendidikan, public relations (PR) dan jurnalisme juga akan terkena dampaknya. Bagaimana artificial intelligence merevolusi pekerjaan PR, dan seberapa cepat perubahan ini terjadi? Saat ini kajian mengenai artificial intelligene yang berpengaruh bagi pekerjaan PR dan jurnalisme masih terbatas. Proses pengumpulan data dimulai sejak April hingga November 2018, dengan metode utama survei online diikuti oleh 220 responden dalam waktu 48 jam. Survei didistribusikan kepada praktisi PR di Indonesia. Selain itu, wawancara semi-terstruktur dilakukan dengan 10 responden. Berdasarkan penelitian, pekerjaan PR apa saja yang dapat tergantikan oleh teknologi big data dan AI antara lain : kliping berita sebanyak 45%; menganalisis berita di media sebesar 45%; hubungan media dan pemangku kepentingan sebesar 37%; manajemen konten media sosial sebesar 34%;  mendistribusikan rilis sebesar 33%; Foto dan video 24%; pekerjaan yang kemungkinan kecil untuk digantikan oleh mesin adalah presentasi atau face to face communication (18%). Sebagai kesimpulan bahwa manusia masih diperlukan pada tingkat yang lebih strategis dari aktivitas PR, seperti menganalisis data lebih lanjut hasil media monitoring,  yang sifatnya prediksi dan preventif atau preskriptif. Riset juga menghasilkan kompetensi baru public relations antara lain : kompetensi untuk data analysis, social media management, influencer dan content creator. Penelitian ini baru karena topik tentang Artificial intelligence dalam Public Relations, berdasarkan kajian praktisi di Indonesia, belum pernah dibahas sebelumnya. Riset Ini memiliki potensi untuk memiliki dampak yang cukup besar bagi profesi PR, serta dampak yang lebih luas pada penerapan manajemen komunikasi dan teknologi informasi bagi profesi PR.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adweek, (2018, 18 Juni). Unilever to Crack Down on Influencers Who Buy Fake Followers and Use Bots, dari https://www.adweek.com/brand-marketing/unilever-to-crack-down-on-influencers-who-buy-fake-followers-and-use-bots/

Agus Laksono. (8 November 2018) Workshop Big Data dan Artificial Intelligence (AI), Head of Data Scientist Telkom of Big Data

CIPR (Chartered Institute of Public Relations) (2015). State of the profession 2015 Retrieved from https://www.cipr.co.uk/content/policy-resource/research/our-research-and -reports/cipr-state-profession-2015.

CIPR (Chartered Institute of Public Relations) (2017). Retrieved from https://www.cipr.co.uk/sites/default/files/10911_State%20of%20PR%202017_f1.pdf.

Galloway Chris, Swiatek Lukasz. 2018. Public relations and artificial intelligence: It’s not (just) about robots. Elsevier

Gourley, S. (2018). This is how AI can help you make sense of the world. Agenda. World Economic Forum. Retrieved from: https://www.weforum.org/agenda/2018/06/this-is-how-ai-can-help-you-make-sense-of-the-world.

Global Alliance (for Public Relations and Communication Management (2018). A global capabilities framework for the public relations and communication management profession. Lugano, Switzerland Retrieved from https://www.globalalliancepr.org/capabilitiesframeworks.

Grunig, L, Grunig, J., & Dozier, D. (2002). Excellent organizations and effective organizations: a study of communication management in three countries. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum.

Harris, B. (2018), The latest weapons in the fight against ocean plastic? Drones and an algorithm. Agenda. Retrieved from: https://www.weforum.org/agenda/2018/06/this-ai-is-learning-to-recognize-ocean-plastic-using-drone-photos.

Hootsuite, dari https://signupnow.hootsuite.com/br-indo-bahasa/?utm_source=google&utm_medium=cpc&utm_campaign=selfserve-bau-apac-indo-asia-indo-pua search_nonbranded_beta&utm_term=%2Bhootsuite&gclid=CjwKCAiA7vTiBRAqEiwA4NTO62bntw7qFYbFhj-zCdxDwgs10X9Ln0R0sejw3Sd_03YlSahzT1v5yhoC9pgQAvD_BwE

Lasse Rouhiainen, Artificial Intelligence, 101 things you must know today about our future, Amazon Books, USA. 14 November, 2018

Lynch, C. (2018). How PR pros should prepare for artificial intelligence. Ragan’s PR daily. Retrieved from https://www.prdaily.com/Main/Articles/482543a6-4e1f-4111-af8b-9e46019028cc.aspx.

Macnamara Jim, Zerfass Ansgar, Adi Ana, O. Lwin May. 2018. Capabilities of PR professionals for key activities lag: Asia-Pacific study shows theory and practice gaps. Public Relations Review. Elsevier

N. Nurlaela Arief, PR in the era of Artificial Intelligence, Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 2018

Nytimes, (2018, 27 januari). Interactive technology social media, dari https://www.nytimes.com/interactive/2018/01/27/technology/social-media-bots.html

Ristic, D. (2017). PR in 2018: Dominated by technology, mired by inauthenticity. PR week. Retrieved from https://www.prweek.com/article/1453426/pr-2018-dominated-technology-mired-inauthenticity.

Sccic (2019,18 January). 15 Tahun Lagi, 40 Persen Pekerjaan Di Dunia Digantikan Artificial Intellegence, dari http://www.sccic.id/news/15-tahun-lagi-40-persen-pekerjaan-di-dunia-digantikan-artificial-intellegence/

Scott, A. (2018). How artificial intelligence and intergenerational diversity are creating anxiety in the workplace. Retrieved fromGainesville, FL: Institute for Public Relations. https://instituteforpr.org/how-artificial-intelligence-and-intergenerational-diversity-is-creating-anxiety-in-the-workplace/

University of huddersfield, dari https://www.hud.ac.uk/news/2018/april/professorofprvoicesconcernsoverrobotsandaitakingoverpr/

Valin, J. (2018). Humans still needed: An analysis of skills and tools in public relations. Discussion paper. Retrieved fromLondon: Chartered Institute of Public Relations.

https://www.cipr.co.uk/sites/default/files/11497_CIPR_AlinPR_A4_vy.pdf.

Workshop Big Data dan Artificial Intelligence (AI), Head of Data Scientist Telkom of Big Data, Agus Laksono. 8 November 2018

WeAreSocial.net dan Hootsuite, platform media sosial yang paling banyak digunakan. Januari 2018.

World Public Relations Forum, Oslo Norwegia, 2018

Published
2019-04-30
How to Cite
Arief, N. N., & Saputra, M. A. (2019). Kompetensi Baru Public Relations (PR) Pada Era Artificial Intelligence : Case Study Praktisi PR di Indonesia. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 1 - 12. https://doi.org/10.37396/jsc.v2i1.19