Rancang Bangun Sistem Visualisasi Masjid Salman Rasidi Menggunakan Virtual Reality

  • Zahid Abdurrohman Institut Teknologi Bandung
  • Yusep Rosmansyah
Keywords: Virtual reality, industri properti, masjid salman rasidi, minat wakaf

Abstract

Abstract— Teknologi virtual reality merupakan jenis teknologi yang relatif baru dan belum banyak beredar di pasaran. Akan tetapi, teknologi tersebut memiliki potensi kebermanfaatan yang sangat besar. Salah satu bidang yang saat ini sedang mengalami perkembangan dalam menggunakan teknologi ini adalah bidang industri properti atau real estate. Selain itu, penggunaan teknologi virtual reality pada kegiatan-kegiatan sosial juga masih sangat minim sehingga dibutuhkan sebuah inisiatif solusi yang dapat menjadi pionir dalam meningkatkan penggunaan teknologi tersebut. Sedang dalam waktu yang bersamaan dengan pembuatan tugas akhir, terdapat pembangunan sebuah fasilitas publik yaitu Masjid Salman Rasidi yang dalam proses pembangunannya menggunakan dana sosial yakni wakaf. Akibat dampak pandemi Covid-19, pembangunan Masjid Salman Rasidi menjadi terhambat dari berbagai sisi sehingga membutuhkan inisiatif metode pemasaran. Solusi Sistem Visualisasi Masjid Salman Rasidi Menggunakan Virtual Reality dirancang dan dibangun sebagai inisiator penggunaan teknologi tersebut pada kegiatan-kegiatan sosial serta memudahkan pihak pengelola wakaf, yaitu Wakaf Salman serta calon donatur wakaf untuk mengakses dan mengetahui rancangan bangunan masjid dengan lebih mudah. Sistem dibangun dengan menggunakan metodologi yang dibuat oleh Jiri Polcar. Dengan menggunakan teknologi virtual reality, calon donatur wakaf dapat merasakan bagaimana berada pada lingkungan Masjid Salman Rasidi ketika masjid tersebut selesai dibangun dengan pengalaman yang imersif. Berdasarkan hasil pengujian fitur dan minat wakaf, diketahui bahwa Sistem Visualisasi Masjid Salman Rasidi dapat meningkatkan minat wakaf dari pengguna.

Keywords— Virtual reality, industri properti, masjid salman rasidi, minat wakaf

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kim, J dkk, 2000, Virtual reality simulations in physics education. Interactive Multimedia Electronic Journal of Computer-Enhanced Learning.

Robertson, Adi, 2019, Teslasuit’s New VR Golves Let You Feel Virtual Objects and Track Your Pulse. [Online]. Available: https://www.theverge.com/2019/12/26/21037855. [Diakses 21 September 2020]

Gleb, 2020, Five Innovative Ways You Can Use Virtual Reality in the Real Estate Business,. [Online]. Available: https://rubygarage.org/blog/virtual-reality-in-real-estate. [Diakses 8 Agustus 2020].

Merril, Than 2017, A Step By Step Guide to the Home Buying Process. [Online]. Available: https://www.fortunebuilders.com/the-home-buying-process/. [Diakses 21 September 2020].

Team Focal, 2020, VR Property Marketing: Why Estate Agents Should Be Using It In 2020. [Online]. Available: https://www.focalagent.com/estateagentblog/vr-property-marketing. [Diakses 5 Agustus 2020].

Polcar, Jiri et al, 2015, Methodology for Designing Virtual Reality Applications, 26th DAAAM International Symposium on Intelligent Manufacturing and Automation.

Merril, Than 2017, A Step By Step Guide to the Home Buying Process. [Online]. Available: https://www.fortunebuilders.com/the-home-buying-process/. [Diakses 21 September 2020].

Anonim, 2020. [Online]. Available: https://www.rumah.com/panduan-properti/tentang-wakaf-hukum-wakaf-jenis-jenis-syarat-dan-aturan-hukum-23414. [Diakses 21 September 2020]

Wakaf Salman, 2020, Proposal Wakaf Masjid Salman Rasidi, Wakaf Salman.

Baumeister, R. F., Brewer, L. E., Tice, D. M., & Twenge, J. M. (2007). Thwarting the need to belong: Understanding the interpersonal and inner effects of social exclusion. Social and Personality Psychology Compass, 1(1).

Warc, 2020, Consumers’ online behaviour transformed by Covid-19 pandemic. [Online]. Available : https://www.warc.com/newsandopinion/news/consumers-online-behaviour-transformed-by-covid-19-pandemic/43498. [Diakses 21 September 2020].

Kandaurova, Maria & Lee, Seung Hwan, 2019, The effects of Virtual Reality (VR) on charitable giving : The role of empathy, guilt, responsibility, and social exclusion. Journal of Business Research.

Published
2021-08-31
How to Cite
Zahid Abdurrohman, & Yusep Rosmansyah. (2021). Rancang Bangun Sistem Visualisasi Masjid Salman Rasidi Menggunakan Virtual Reality. Jurnal Sistem Cerdas, 4(2), 67 - 75. https://doi.org/10.37396/jsc.v4i2.158
Section
Articles