Jurnal Sistem Cerdas dengan eISSN: 2622-8254 adalah jurnal peer-review sebagai media publikasi hasil penelitian yang mendukung penelitian dan pengembangan kota, desa, sektor dan sistem lainnya. Jurnal Sistem Cerdas diterbitkan oleh  Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) dan diterbitkan setiap empat bulan. Jurnal ini diharapkan menjadi wahana publikasi hasil penelitian dari para praktisi, akademisi, pihak berwenang dan masyarakat terkait.

Tujuan Jurnal Sistem Cerdas adalah untuk berkontribusi pada kehidupan intelektual bangsa sesuai dengan mandat yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945. Jurnal ini juga merupakan media untuk publikasi inovasi, teknologi, dan kebijakan komunitas APIC, terkait dengan pendidikan dan kecerdasan sistem besar untuk komponen sistem.

Ruang lingkup sistem yang dibahas terlampir tetapi tidak terbatas;  

  1. System engineering
  2. Artificial Intelligence Technology (AI) and Machine Learning
  3. Internet of Thing
  4. Big Data
  5. Systems and components for urban, rural or other Smart areas
  6. Smart mobility and transportation systems and components
  7. Systems and Smart energy components
  8. Smart tourism systems and components
  9. Systems and components of smart city security and comfort
  10. Smart infrastructure systems and components
  11. Smart health systems and components
  12. Smart Education systems and components
  13. Robots and Smart systems.

Jurnal Sistem Cerdas Indexing by

Current Issue

Vol. 3 No. 3 (2020): Kecerdasan Artifisial pada Rekayasa Biomedis

Biomedis menjadi salah satu bidang sains yang cukup menarik pada masa pandemi ini. Berbagai terobosan dicapai berkat usaha peneliti di bidang biomedis. Sebagai bidang ilmu yang menjadi pendukung berbagai bidang, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga mendapatkan tempat terhormat sebagai pendukung berbagai terobosan di bidang biomedis. Salah satu bidang ilmu TIK yang mendapatkan perhatian cukup besar dalam hal ini adalah kecerdasan buatan.

Kecerdasan Artifisial dalam biomedis menjadi tema utama bagi terbitan Jurnal Sistem Cerdas Vol 3 No 3 Tahun 2020. Sebagai terbitan terakhir di tahun 2020, JSC menitikberatkan temuan, pekerjaan yang menggunakan kecerdasan buatan dalam mendukung perkembangan rekayasa biomedis. Kecerdasan buatan menjadi salah satu kunci utama dalam melakukan pemrosesan data yang masif, yang dibutuhkan dalam rekayasa biomedis. JSC telah menyeleksi beberapa penelitian/pekerjaan yang memanfaatkan kecerdasan artifisial dalam upaya untuk meningkatkan rekayasa biomedis atau sebagai usaha untuk membantu mengatasi kondisi pandemi yang terjadi. Kami harap, hasil yang dipaparkan pada makalah di terbitan ini dapat memberikan pandangan terkini mengenai usaha kota cerdas dalam mengatasi pandemi.

Published: 2020-12-31
View All Issues